Definisi dan Pengertian Mesin Absensi


Mesin absensi adalah alat yang digunakan untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan. Kantor, perusahaan, dan institusi pendidikan adalah beberapa contoh organisasi yang menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis.
Mesin absensi memiliki peranan yang sangat penting bagi pemimpin/pemilik instansi untuk mengotomatisasikan pencatatan kehadiran karyawan. Itulah mengapa, perangkat ini harus tersedia di kantor.

Kegunaan
Mesin absensi digunakan secara luas oleh badan atau perusahaan tertentu khususnya yang memiliki jumlah karyawan yang banyak, misalnya lebih dari 20 orang. Fungsionalitas mesin absensi sangat bermanfaat bagi perusahaan apapun karena mendata kehadiran karyawan yang banyak tentunya tidaklah mudah apalagijika masih dilakukan dengan cara menulis pada daftar hadir atau mengecek mereka satu per satu di ruangan/meja kerja.

Kepala perusahaan atau organisasi sangat terbantu dengan adanya mesin absensi karena kemampuannya untuk memudahkan pelacakan hadir tidaknya karyawan dan mendapatkan data akurat tentang kehadiran karyawan. Selain itu, mesin absensi juga dapat difungsikan untuk menghitung jam kerja karyawan mulai dari masuk hingga pulang kantor.
Dengan begitu, penghitungan upah/gaji akan mudah dilakukan karena bagian HR (Human Resource) memperhitungkan dan mempertimbangkan berdasarkan data kehadiran dan lama jam kerja mereka.

  ©Infomesinabsensi.Blogspot.Com - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo